Selasa, Juli 08, 2008

Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Kamera Digital

· CCD (Charge Coupled Device)

Gambar digital dibuat oleh sekumpulan titik-titik yang disebut Pixel .Resolusi merujuk pada banyaknya pixel utk membuat suatu gambar .Semakin tinggi resolusi CCD semakin tajam gambar yg mampu ditangkap. Kamera digital standard saat ini menggunakan resolusi CCD 1.3M pixel untuk menghasilkan gambar tajam seukuran foto biasa. Sedangkan bagi profesional kini sudah tersedia resolusi CCD diatas 5M pixel yg sangat tajam hasilnya.semakin besar resolusi akan menghasilkan gambar yang lebih baik.

· Memory Card

Besar media penyimpan menentukan seberapa banyak hasil foto yang bisa ditampung. Media simpan utk kamera digital disebut dengan Memory Card. saat ini yang umum dipakai ialah Compact Flash, Memory Stik,Sequre Digital Card,Multi Media Card dsb. Semakin tinggi resolusi CCD semakin besar ukuran file yang dihasilkan sehingga membutuhkan memori card yang lebih besar.Memory Card bisa diupgrade kapastiasnya dengan membeli Memory Card yang lebih besar.

· Koneksi

Perhatikan apakah kamera digital anda bisa berhubungan dengan perangkat digital lainnya? misalkan televisi,komputer (PC atau Mac)atau printer .rata-rata kamera digital keluaran terbaru menggunakan interface USB. Kamera digital saat ini juga bisa langsung mencetak ke printer biasa tanpa memerlukan PC, fasilitas ini dinamakan DPOF (Digital Print Order Format), tanpa fitur ini tidak bisa mencetak langsung ke printer.saat ini banyak produsen kamera yang menjual bandle kamera dengan printernya.

Beberapa kamera digital sudah mendukung PictBridge yang membuat anda leluasa mencetak langsung dari kamera ke printer.

· LCD (Liquid Crystal Display)

Kamera digital selalu menyediakan LCD display yang berguna untuk melihat menu setting, bidikan kamera, dan hasilnya. Dengan LCD ini sangat memudahkan bagi pengguna kamera digital yang tidak perlu membidik lagi dari lubang kecil,tetapi perlu juga diketahui penggunaan LCD memakan energi baterai yang besar.

Pastikan layar tdk terlalu kecil,sehingga gambar bisa tampil maksimal.

· Zoom

Fungsi zoom ialah memperbesar gambar sehingga Anda tidak perlu mendekati obyek untuk memperoleh ukuran yang diinginkan. Kamera digital biasanya dilengkapi dengan zoom melalui proses digital yang biasa disebut Digital Zoom yang dikombinasikan dengan zoom melalui optic/lensa yang disebut Optical Zoom. Perpaduan keduanya menghasilkan zoom yang berlipat.Optical Zoom lebih diperhatikan ketimbang Digital Zoom,karena menyediakan fasilitas cropping dan memperbesar gambar.

· Flash

Flash berfungsi sebagai sebagai pendukung cahaya.Dengan menggunakan flash,maka gambar yang diambil didalam kondisi agak gelap dapat tetap maksimal dengan bantuan cahaya yang menyilaukan.

· Movie Recording

Kamera digital sekarang juga sudah dilengkapi fitur Movie Recording/Capture untuk menangkap obyek bergerak layaknya camcorder. Tetapi karena keterbatasan media simpan, maka obyek bergerak ini hanya bisa disimpan dalam hitungan puluhan detikJika ingin lebih lama,dapat menggunakan Memory Card yang kapasitasnya besar.

. Power/Battery

Jika tak ingin kesenangan terputus gara-gara baterai habis/low, Anda perlu memperhatikan berapa lama sumber listrik ini bisa bertahan. Memilih baterai yang bisa diisi ulang (rechargeable) adalah tindakan bijaksana dan lebih hemat.

Disarankan apabila kamera tdk dipakai,hendaknya mengeluarkan baterai dari dalam kamera,hal ini untuk menghindari terjadi kebocoran baterai karena suhu (dingin/panas)

. Software

Software selalu menyertai kamera digital agar mudah dalam editing maupun menghubungkannya dengan komputer. Bahkan sering dilengkapi software image editing sederhana untuk menghasilkan gambar yang kreatif memenuhi imajinasi



Disadur: Dari berbagai sumber, by SPC Email

Tidak ada komentar: